Menjual dan Membeli Mobil secara Online

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, kebutuhan akan mobil sebagai kendaraan pribadi semakin besar. Dahulu kebutuhan akan mobil bisa dibilang adalah kebutuhan tersier alias mewah dan hanya kalangan borjuis (punya uang banyak) saja yang bisa membelinya. Tetapi sekarang, kebutuhan akan mobil pribadi berubah menjadi kebutuhan sekunder, bahkan pada sebagian orang, menjadi sebuah kebutuhan primer seperti halnya sandang dan pangan.

menjual-dan-membeli-mobil-secara-online.jpg

Banyaknya mobil yang beredar di jalanan dari berbagai merk dan jenis, menyebabkan harga mobil dari hari ke hari semakin terjangkau. Dengan disahkannya peraturan pemerintah No 41 tahun 2013 tentang LCGC (Low Cost Green Car) alias mobil murah ramah lingkungan, harga mobil menjadi semakin terjangkau oleh sebagian besar kalangan.

Banyak yang menginginkan membeli mobil, banyak juga yang ingin menjual mobil yang dimilikinya. Dahulu apabila seseorang ingin menjual mobilnya, bisa dengan cara meletakan tulisan “DIJUAL” pada badan mobil. Atau mendatangi makelar mobil untuk minta dijualkan. Bisa juga dengan menawarkan langsung ke (dianggap) calon calon pembeli mobil.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak situs jual mobil maupun situs jual beli mobil yang bermunculan. Situs jual mobil, berarti hanya menjual mobil saja, sedangkan situs jual beli mobil, melakukan transaksi menjual dan membeli mobil.

Biasanya situs jual mobil dimiliki oleh dealer mobil atau perusahaan penjualan mobil. Sedangkan situs jual beli mobil biasanya merupakan sebuah tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli. Pemilik situs hanya memfasilitasi para penjual dalam memajang foto-foto mobil yang akan mereka jual.

Mobil mobil yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari mobil lama sampai mobil terbaru. Dari yang berharga murah, sampai yang harganya selangit. Mulai dari mobil yang mulus sampai dengan mobil (hampir) rongsokan. Semua ada di situs jual beli mobil.

Melalui situs jual beli mobil ini, banyak orang terbantu. Baik si penjual mobil, maupun orang yang ingin membeli mobil. Para pembeli bisa dengan leluasa memilih mobil-mobil yang diinginkan, bahkan hanya lewat handphone tanpa datang langsung melihat mobilnya. Apabila sudah suka dan sesuai dengan keinginan, barulah menghubungi penjual dan terkadang sampai melihat langsung kondisi mobil yang akan dibeli. Apabila sudah ada kecocokan harga, maka transaksi pun terjadi.

Bagi para penjual, menjual mobil melalui situs itu, membuat pekerjaan mereka menjadi ringan. Masalahnya adalah, mereka harus menunggu calon pembeli untuk melihat gambar-gambar mobil yang mereka pajang sebagai bagian dari promosi penjualan di situs jual beli mobil.