Cara Mudah Merawat Baterai Lithium-Ion di Smartphone

Sebuah smartphone tanpa baterai tidak akan bisa digunakan, sehingga baterai merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah smartphone. Sumber arus listrik untuk smartphone ini harus dijaga dan dipelihara agar bisa terus menerus menghidupkan smartphone kita alias supaya jangan cepat drop.

cara-mudah-merawat-baterai-lithium-ion-di-smartphone.jpg

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan tentang baterai, terutama sebelum melakukan isi ulang. Jenis baterai pada smartphone sekarang sudah menggunakan baterai jenis lithium-ion yang terkenal lebih stabil dibandingkan pendahulunya yaitu baterai jenis NiMH.

Berikut beberapa tips sewaktu melakukan isi ulang baterai agar tetap awet.

  • Jangan mengisi ulang baterai semalaman
    Efek buruk yang akan terjadi apabila sering dilakukan adalah sel-sel di dalam baterai akan lebih mudah rusak dikarenakan mengalami stress tingkat tinggi
  • Jangan mengisi ulang baterai sampai terlalu penuh
    Salah satu kelemahan baterai lithium-ion adalah sel lithium-ion akan mengalami stress apabila diisi listrik sampai penuh atau terlalu berlebihan. Sangat disarankan untuk mengisi ulang baterai tidak sampai penuh, untuk mengurangi tingkat stress sel lithium-ion baterai kita. Segera lepas konektor isi ulang apabila petunjuk di layar smartphone kita sudah menunjukkan baterai terisi penuh.
  • Jagalah suhu baterai agar tetap dingin
    Usahakan agar menjaga suhu baterai smartphone jangan terlalu panas. Baterai lithium-ion sangat sensitif dengan panas. Apabila ternyata smartphone terasa panas, segera didinginkan. Apabila smartphone diberikan tambahan pembungkus, segera keluarkan. Usahakan smartphone selalu dalam keadaan tertutup apabila berada di luar ruangan

Demikian beberapa tips sewaktu melakukan isi ulang baterai lithium-ion agar tetap awet.