Memutihkan Gigi dengan Bleaching Gigi

Dental bleaching alias bleaching gigi atau pemutihan gigi sudah dilakukan sejak tahun 1800an. Tapi waktu itu, baru sedikit sekali dokter gigi yang memberikan pelayanan bleaching gigi ini. Bahan yang pertama kali digunakan sebagai agen pemutih adalah asam oksalat.

memutihkan-gigi-dengan-bleaching-gigi

Dengan serangkaian percobaan, akhirnya dokter gigi menemukan agen pemutih yang lebih efektif, yaitu hidrogen peroksida. Hingga akhirnya pada tahun 1990an, bleaching gigi mulai populer di masyarakat dengan diperkenalkannya home bleaching.

Perubahan warna pada gigi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu ekstrinsik dan intrinsik. Perubahan ekstrinsik terjadi karena adanya noda pada permukaan email gigi akibat pengaruh zat-zat dari luar tubuh. Contoh nyata adalah nikotin yang terkandung pada rokok, dapat menyebabkan noda yang gelap pada permukaan gigi, utamanya di wilayah leher gigi bagian permukaan dalam (menghadap ke lidah). Gigi dengan tambalan campuran yang sudah bertahun-tahun dipakai, juga bisa membuat tepi tambalan berwarna kehitaman.

Perubahan warna intrinsik pada gigi adalah perubahan warna yang berasal dari struktur gigi itu sendiri. Perubahan ini paling banyak terjadi karena usia. Proses penuaan bukan hanya terjadi pada kulit, namun terjadi juga pada gigi, ditandai dengan warna gigi yang cenderung menguning seiring dengan bertambahnya usia.

Perubahan warna gigi ini (menjadi lebih kuning) karena faktor usia merupakan kejadian fisiologis. Pada orang yang sudah lanjut usia, biasanya terjadi penipisan pada lapisan email gigi. Akibat penipisan ini, menampakkan gigi yang tidak melewatkan cahaya. Akibatnya, gigi terlihat lebih gelap dari biasanya.

Mengkonsumsi antibiotik tetrasiklin pada saat pembentukan email gigi juga dapat membuat warna gigi menjadi abu-abu. Hal ini paling rentan terjadi pada saat usia anak memasuki trimester kedua sampai anak berusia 8 tahun. Untungya untuk saat ini, penggunaan antibiotik tetrasiklin ini sudah semakin sedikit.

Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan penampilan dengan gigi yang putih. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan bleaching gigi di klinik-klinik gigi atau praktik dokter gigi yang tersebar di berbagai tempat di berbagai kota di Indonesia.

Di klinik-klinik gigi atau praktik dokter gigi ini, pelanggan akan dilayani oleh ahlinya, bisa dokter giginya langsung, atau pun oleh perawat gigi yang memang sudah berpengalaman. Kita pun sebagai pelanggan menjadi lebih nyaman dan merasa aman, karena ditangani langsung oleh ahlinya. Jadi, jangan takut untuk pergi ke dokter gigi, baik di tempat praktik dokter gigi, maupun ke klinik gigi di kota Anda.