Mengenali Tanda-tanda Kanker Payudara

Payudara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Payudara adalah organ tubuh bagian atas dada dari manusia. Perbedaan terjadi antara laki-laki dan wanita. Pada wanita, payudara dilengkapi dengan kelenjar susu yang berfungsi untuk memompa susu bagi bayinya.

Fungsi utama dari kelenjar susu pada wanita adalah memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Menyusui adalah nama dari proses pemberian air susu ini. Sebenarnya kelenjar yang menghasilkan air susu juga terdapat pada laki-laki, tetapi secara normal, kelenjar susu tersebut tidak berkembang dengan sempurna.

Payudara dibentuk dari jaringan ikat, ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil susu), dan lemak. Air susu ibu yang lebih dikenal sebagai ASI akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui, hal ini terjadi apabila seorang wanita melahirkan.

Sel-sel di dalam tubuh manusia biasanya tumbuh dan berkembang sesuai dengan pertambahan usia dan fungsi yang diperlukan tubuh. Pertumbuhan dan perkembang biakan sel terjadi secara teratur sesuai dengan ritme tumbuh kembang tubuh manusia. Tetapi ada proses pada pembentukan, pertumbunan, dan perkembangan sel yang berbeda pada tubuh yang menderita kanker.

kanker-payudara

gambar dari medkes

Proses pertumbuhan dan perkembang biakan sel kanker pada tubuh berjalan secara tidak wajar dan menjadi tidak terkendali. Sel-sel yang tumbuh dan berkembang dengan cara tidak wajar ini biasa disebut sel-sel abnormal. Sel-sel abnormal ini terkadang juga bisa menyebar ke bagian-bagian lain dari tubuh melalui aliran darah.

Pada kasus kanker yang terdeteksi pada stadium awal, biasanya kanker bisa diobati supaya tidak menyebar ke bagian lain tubuh. Untuk itulah perlu pengetahuan yang intensif terhadap gejala awal kanker. Ada beberapa kanker yang identik pada wanita – biasanya hanya wanita yang mengalami – yaitu kanker payudara dan kanker serviks. Breast cancer atau kanker payudara biasanya diawali dengan gejala terjadinya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara, meskipun sebagian besar benjolan yang terjadi di payudara belum tentu menandakan terjadinya kanker.

Beberapa tanda-tanda kanker payudara yang bisa dilihat oleh diri sendiri di rumah antara lain.

  • Payudara bengkak, tapi tidak sakit
  • Bentuk dan ukuran payudara berubah
  • Adanya pembengkakan di daerah ketiak
  • Puting susu mengalami pengerutan ke dalam dan berubah warna

Apabila ternyata terjadi pembengkakan di payudara atau daerah sekitar payudara selama terjadinya menstruasi, maka itu merupakan hal yang normal. Tetapi apabila keempat tanda-tanda tersebut ada di payudara, sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara lanjutan, baik dengan cara mammograms, Ultrasonografi (USG), atau Magnetic Resonance Imaging (MRI). Untuk info lebih lengkap tentang kanker payudara ini, bisa melihat di Blog Informasi Kesehatan.