Belajar Tahapan Tumbuh Kembang Bayi

Bagi sebagian orang tua baru, mereka masih belum mempunyai persiapan untuk mengenal bagaiaman bayi mereka akan tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Padahal penting untuk diketahui semua orang tua baik yang akan memiliki bayi maupun yang sudah memiliki bayi. Fase tumbuh kembang bayi ini sangat penting untuk mengetahui kondisi bayi kita, apakah sudah sesuai dengan pedoman atau malah melenceng, sehingga bisa dengan cepat diketahui dan diberikan tindakan.

Setelah bayi dilahirkan, dengan badan lahir yang normal adalah antara 2,9 Kg sampai dengan 3,6 Kg, akan terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan berat badan ini bisa mencapai 5,7 Kg hingga usia 1 bulan untuk bayi laki-laki dan 5,5 Kg untuk bayi perempuan. Panjang badan sampai usia 1 bulan bisa mencapai 56,8 cm untuk bayi laki-laki dan 57,6 cm untuk bayi perempuan.

Pada bulan pertama ini, aktivitas motorik bayi sudah berkembang dengan baik. Anggota gerak tanggan dan kaki bergerak aktif (motorik kasar). Kepala bayi sudah bisa menoleh ke kiri dan ke kanan (motorik halus). Pendengarannya sudah mulai berfungsi dengan baik ditandai dengan reaksi terhadap bunyi-bunyian. Dari kemampuan sensorik juga sudah mulai berkembang, ditandai dengan perilaku sewaktu diberikan ASI oleh ibunya, seperti menatap wajah sang ibu.

Memasuki bulan kedua, bayi memiliki berat badan ideal antara 4,2 Kg sampai 6,8 Kg untuk bayi laki-laki dan 4,0 Kg sampai 6,7 Kg untuk bayi perempuan. Panjang badan bayi pada usia 2 bulan antara 54,4 cm sampai 62,6 cm untuk bayi laki-laki dan 53 cm sampai 61,1 cm untuk bayi perempuan.

Di bulan kedua ini, gerakan motorik kasar bayi seharusnya sudah bisa mengangkat kepala apabila bayi tengkurap. Pada kemampuan sensoriknya, bayi sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata “Ooo oowww” dan mampu tersenyum spontan.

Di bulan ketiga, bayi laki-laki umumnya memiliki berat badan antara 5 Kg sampai dengan 8 Kg dan 4,6 Kg sampai dengan 7,5 Kg untuk bayi perempuan. Panjang badan bayi laki-laki antara 57,3 cm sampai dengan 65,6 cm dan 53,6 cm sampai dengan 64 cm untuk bayi perempuan.

Pada usia ini, motorik bayi semakin meningkat, kepala bayi sudah bisa tegak diwaktu duduk, serta sudah bisa memegang benda-benda kecil. Perkembangan sensorik bayi juga ditandai dengan kemampuan tertawa dan berteriak serta mampu memandang anggota geraknya, seperti jari dan tangan.

Demikian tahapan tumbuh kembang bayi dari baru dilahirkan sampai dengan bulan ketiga setelah kelahirannya. Semoga bermanfaat bagi para orang tua yang akan memiliki bayi ataupun yang baru saja menjadi orang tua.