Pengertian EPS dan Mekanisme Kerjanya

Seiring dengan kemajuan teknologi untuk dunia otomotif, banyak hal baru yang perlu kita ketahui sebagai hal yang penting untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara seperti pengertian EPS. Apa sih EPS? Tentunya kita merasa awam akan istilah tersebut. EPS merupakan singkatan dari electric power steering dimana, hal ini secara langsung berkaitan dengan stir mobil anda. Melalui artikel ini, anda akan mengetahui lebih dalam tentang EPS dan bagaimana pengaruhnya kepada stir mobil. Karena itu, langsung saja kita beranjak kebawah untuk melihat lebih dalam mengenai bagaimana EPS itu bekerja dan hal apa saja yang berkaitan langsung dengan EPS tersebut.

pengertian-eps-dan-mekanisme-kerjanya.jpg

Pengertian EPS dan bagaimana EPS bekerja dalam mobil

Sebelum kita masuk lebih dalam mengenai gimana sih cara kinerja EPS itu sendiri, kita lihat dulu yuk apa sih pengertian EPS itu. EPS atau yang sebelumnya sudah kita ketahui sebagai electric power steering itu sendiri sebenarnya adalah sistem stir mobil yang menggunakan hidrolis sehingga, kinerja stir mobil tersebut agar kita bisa mengendalikan mobil lebih mudah. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal penting yang perlu kita ketahui mengingat, penting sekali bagi kita untuk tahu akan EPS itu sendiri. Secara ringkasnya, EPS membuat kita lebih mudah dalam mengendalikan mobil karena, akan ada banyak hal baik yang kita dapatkan lewat sistem ini.

Untuk kinerjanya sendiri, EPS menggunakan sistem hidrolis dengan mengubah kinerja stir menjadi sistem elektrolis. Hal ini bertujuan agar kendali mobil lebih mudah. Namun, ada harga yang perlu dibayar karena, sistem ini menggunakan 8 hingga 10 tenaga kuda sehingga, konsumsi bahan bakar akan lebih banyak. Kendati memakan lebih banyak bahan bakar, hal ini tentunya membuat setiap pengendara merasa lebih nyaman kala mengendalikan mobil. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk mengetahui hal tersebut sebagai langkah untuk mendapatkan banyak hal postiif terutama bagi para pengendara mobil dengan membaca berbagai macam penjelasan mengenai pengertian EPS yang telah dijelaskan diatas beserta kinerjanya.