Mengapa Kopi Harus Dihindari oleh Penderita Hipertensi

Sebagai salah satu faktor pemicu munculnya berbagai gangguan penyakit seperti stroke dan serangan jantung, hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi perlu diwaspadai. Tetapi sangat disayangkan, tanda dan gejala hipertensi pada dasarnya tidak bisa diduga tanpa adanya pemeriksaan secara intensif dan rutin. Karena itulah kita harus menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan berupa penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi tersebut.

mengapa-kopi-harus-dihindari-oleh-penderita-hipertensi.jpg

Kopi, sebagai salah satu minuman masyarakat Indonesia, dipercaya menjadi salah satu penyebab munculnya tekanan darah tinggi. Kopi yang mengandung kafein memang sudah sejak dahulu tidak disarankan untuk diminum oleh para penderita tekanan darah tinggi. Bahkan dalam ajang tahunan European Society of Cardiology disampaikan sebuah hasil studi terbaru, bahwa ditemukan hal yang sama, yaitu sebuah kesimpulan, kopi harus dihindari oleh para penderita hipertensi. Yang mana dengan mengkonsumsi kopi sendiri berpeluang untuk memperparah hipertensi atau bahkan bisa jadi gara-gara mengkonsumsi kopi malah menimbulkan tekanan darah tinggi tersebut.

Kafein yang terkandung di dalam minuman kopi adalah salah satu zat yang dapat menjadi penyebab timbulnya atau meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kondisi tubuh terparah diketahui saat mengkonsumsi kopi bisa menjadikan tekanan darah kita mencapai empat kali besarnya dari normal. Kafein yang masuk melalui minuman kopi ke dalam tubuh akan diserah oleh darah. Proses inilah yang menyebabkan hormon adrenalin akan mengalami peningkatan produksi sehingga membuat tekanan darah meningkat. Adrenalin jua termasuk salah satu pemicu kita jadi terjaga atau tidak mengantuk.

Dengan mengkonsumsi kopi, tubuh kita juga akan cepat kehilangan cairan di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena kopi termasuk minuman yang bersifat diuretik atau memperlancar sistem buang air kecil. Selain itu, juga memicu percepatan kerja jantung dalam memompa darah sehingga muncul efek cemas setelah kita mengkonsumsi minuman kopi dan kandungan kafein dalam minuman kopi yang kita minum bereaksi di dalam tubuh. Oleh sebab itulah, minuman kopi yang dikonsumsi penderita hipertensi bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah, yaitu serangan store dan juga serangan jantung. Makanya, bagi penderita hipertensi yang tekanan darahnya sudah mencapai 140/90 mmHg sangat disarankan untuk menghindari minuman kopi.

Karena tanda dan gejala hipertensi tidak dapat diketahui secara pasti, lebih baik kita menghindari mengkonsumsi minuman kopi. Tetapi, bagi yang tidak memiliki riwayat hipertensi, mengkonsumsi minuman kopi memberikan dampak positif.

Beberapa manfaat kopi bagi orang yang tubuhnya mampu bertoleransi terhadap minuman kopi diantaranya adalah menyembuhkan diabetes, itu bagi yang mampu menyeruput kopi tanpa tambahan gula tentunya. Rutin meminum minuman kopi juga baik untuk otak dan mencegah kanker. Tentunya jika diminum tidak berlebihan.