Tas Elizabeth, Merk Lokal rasa Luar

Pasangan Handoko Subali dan Elizabeth Halim selaku pembuat tas elizabeth, telah merintis usahanya sejak lima puluh tahun yang lalu. Bermula dari pembuatan tas di rumahnya, kini pembuatan tasnya sudah menggunakan mesin mesin modern. Bahkan kendali perusahaan telah beralih pada generasi kedua.

tas-elizabeth-merk-lokal-rasa-luar.jpg

Lima dasarwarsa yang lalu, pasangan Handoko dan Elizabeth ini tidak menyangka kalau pilihan bisnisnya akan sebesar ini. Di tahun 1963, mereka memulai bisnis tas elizabeth ini di rumah mereka dengan modal setara lima kilogram batu korek api. Mengapa padanan modal mereka menggunakan batu korek api? Itu karena Handoko pernah menjajakan batu korek api.

Sebelum memproduksi tas, Handoko pernah bekerja sebagai buruh tas, yang kemudian memutuskan keluar dari pabrik tas tempatnya bekerja. Di rumahnya, bekerja sama dengan sang istri, ia mencoba membuat tas sendiri. Pada saat itu, ia hanya memiliki seorang penjahit.

Selain memproduksi sendiri tasnya, Handoko juga memasarkan sendiri tas buatannya. Bahkan, meski hari hujan sekalipun, pria tersebut tetap berkeliling kota Bandung untuk mendatangi satu per satu toko tas, padahal alat transportasi yang digunakan saat itu hanyalah sepeda kumbang.

Pada awalnya, tas yang mereka buat hanyalah tas untuk bepergian (traveling bag). Tas yang dirancang sendiri oleh Elizabeth dengan meniru model tas perjalanan dari merk terkenal buatan luar negeri. Di awal produksi, dalam satu bulan, mereka mampu menjual 20 traveling bag.

Banyak toko yang akhirnya berminat pada traveling bag mereka, sehingga pesanan terus menerus berdatangan. Bahkan sebagian meminta desain yang berbeda. Salah satu kelebihan traveling bag mereka adalah, bahan baku yang digunakan merupakan bahan-bahan impor sehingga terkenal kuat.

Banyaknya permintaan dan produksi yang harus ditingkatkan, membuat Handoko menambah karyawan. Tidak tanggung tanggung, 30 karyawan direkrut untuk memproduksi tas mereka. Tas yang diproduksi pun buhan hanya traveling bag saja, tapi sudah berkembang hingga tas sekolah, tas wanita, tas kantor, koper, dan lainnya.

Pada tanggal 1 Januari 1968, barulah Handoko memilih elizabeth sebagai merk produk mereka. Seperti diketahui, nama elizabeth merupakan nama istri Handoko sendiri. Beberapa model tas buatan mereka bertahan hingga puluhan tahun. Seperti produk tas wanita yang biasa disebut tas ayam diproduksi sebanyak tiga ratus ribu unit dan mampu bertahan selama sepuluh tahun. Begitu juga dengan tas sekolah dan tas anak yang juga bertahan lama di pasaran.

Hasil pencarian terbanyak:

  • brand terkenal setara elisabeth (1)
  • impor bahan baku tas elizabeth (1)
  • tas ayam elizabeth (1)
  • tas cewek mrk JPG (1)