Mengenal Sosok Keindahan Gunung Rinjani NTB

Para pecinta alam tentunya sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani NTB. Gunung yang secara administratif terletak di tiga kabupaten ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani selalu menjadi tujuang bagi sebagian besar petualang dan pecinta alam yang mengunjungi kawasan ini. Kegiatan pendakian secara besar-besaran dilakukan pada bulan Juli s/d Agustus. Biasanya di bulan Agustus, para peserta didominasi oleh kalangan pelajar/mahasiswa seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT Indonesia di atas Puncak Guning Rinjani. Mengunjungi Gunung Rinjani untuk berlibur tentunya bukan menjadi ide yang buruk. Ditambah lagi tempat wisata yang satu ini memiliki spot-spot yang menarik untuk dikunjungi.
Kecantikan Gunung Rinjani

mengenal-sosok-keindahan-gunung-rinjani-ntb.jpg

Salah satu pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak, yang bisa ditempuh lewat dua jalur resmi pendakian, yaitu pendakian Senaru dan Sembalun. Untuk mengunjungi salah satu spot cantik di Gunung Rinjani NTB ini, maka dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7-10 jam berjalan kaki dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan jika ditempuh dari jalur pendakian Sembalun dibutuhkan waktu 8-10 jam. Danau Segara Anak sendiri berada pada ketinggian 2.010 m dpl dan kedalaman danaunya sekitar 230 meter. Bentuk danau ini cukup unik yaitu dengan bentuk seperti bulan sabit, dengan luas sekitar 1.100 Ha.

mengenal-sosok-keindahan-gunung-rinjani-ntb-trecking.jpg
Gunung Rinjani memang menjadi salah satu primadona di Indonesia. Panorama yang disuguhkan di tempat ini benar-benar indah. Setiap tahunnya, gunung Rinjani selalu dipenuhi oleh penduduk lokal, mahasiswa, dan pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20 derajat, dan terendah 12 derajat. Angin kencang di puncak biasanya terjadi pada bulan Agustus. Untuk mencapai puncak, arahnya jika dari danau Segara Anakan, maka anda harus berjalan kaki mendaki dinding sebelah barat setinggi 700m dan menaiki punggungan setinggi 1000 m yang ditempuh dalam 2 tahap, 3 jam dan 4 jam. Medan yang dihadapi cukup berat karena berupa batuan kerikil, pasir, batu, dan tanah. Gunung Rinjani NTB benar-benar cocok bagi para pecinta alam yang suka tantangan.

Hasil pencarian terbanyak:

  • keindahan gunung rinjani (1)