LAPAN: Matikan Lampu pada Tanggal 6 Agustus Malam

Malam tanggal 6 Agustus 2016, tepatnya pada hari sabtu malam alias malam minggu, akan ada peristiwa menarik yang terjadi di tanah air. Apa peristiwa menarik yang dimaksud? Menurut kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, malam itu mulai pukul 20.00 s.d. 21.00 WIB adalah Hari Keantariksaan.

lapan-matikan-lampu-pada-tanggal-6-agustus-malam.jpg

Kepala LAPAN menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mematikan lampu-lampu yang ada di rumah dalam rangka memperingati Hari Keantariksaan tersebut. Dengan padamnya lampu-lampu di sekitar, kita beserta keluarga bisa menikmati indahnya taburan bintang di langit.

Melalui akun jejaring sosial Facebook milik Thomas Djamaludin, kepala LAPAN ini mengkampanyekan gerakan mematikan lampu atau Malam Langit Gelap (Dark Sky Night). Respon yang disampaikan oleh para netizen cukup baik dan antusias.

Untuk bisa menikmati indahnya jutaan bintang di langit, menurut Thomas, maka lampu-lampu harus dimatikan. Suasana yang gelap akan memperjelas pemandangan langit sehingga kita bisa menikmati indahnya langit di malam hari dengan mata telanjang.

Selain memperkenalkan Hari Keantariksaan sambil menyaksikan jutaan gugusan bintang, kampanye ini juga bertujuan untuk mengurangi polusi cahaya yang saat ini terjadi secara masif di perkotaan. Lampu sudah menjadi bagian dari hampir semua hal, semisal di rumah, kendaraan, gedung, pusat perbelanjaan, dan lampu jalanan.

Sebagai akibat dari polusi cahaya tersebut, kini keindahan langit saat malam menjadi kurang menarik bagi masyarakat untuk dinikmati bersama keluarga. Cahaya bintang di malam hari juga terhalang oleh sinar buatan tersebut, sehingga tidak bisa dinikmati.

“Saat itu saat langit mulai gelap total, kita matikan semua lampu luar. Kita bersama-sama keluar ruangan untuk menyaksikan langit. Nanti kita bisa melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan,” begitu tulisnya.

Sangat banyak rasi bintang yang bisa dilihat pada malam tersebut, misalnya rasi Layang-layang atau lebih dikenal sebagai rasi Salib Selatan (crux), rasi Angsa (Cygnus), rasi Kalajengking (Scorpio), bahkan planet Saturnus dan Mars. Mari kita sama-sama lihat angkasa malam ini.

Hasil pencarian terbanyak:

  • pemandangan taburan bintang (1)