Solusi Memiliki Rumah dari Program Sejuta Rumah

Rumah merupakan kebutuhan primer atau utama bagi manusia. Fungsi rumah untuk berteduh, bertahan hidup, membina keluarga dan tempat untuk melanjutkan keturunan secara turun temurun. Bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas, memiliki rumah bukanlah sebuah masalah, karena bagi mereka, memiliki rumah semudah membeli kue di pasar. Beda halnya dengan masyarakat ekonomi menengah ke bawah, memiliki sebuah rumah merupakan idaman yang sangat dinantikan untuk dimiliki.

solusi-memiliki-rumah-dari-program-sejuta-rumah.jpg

Ada beberapa cara memperoleh rumah untuk dimiliki, salah satunya adalah dengan cara membangun sendiri rumah tersebut. Dengan cara ini, kita harus mempunyai tanah terlebih dahulu. Apabila ternyata belum memiliki tanah, maka kita bisa mencari tanah kosong dan membelinya terlebih dahulu.

Mencari tanah kosong yang pas di hati juga gampang-gampang susah. Mulai dari harga tanah yang tidak terjangkau, sampai si pemilik tanah tidak bersedia menjualnya. Bahkan ada juga tanah sengketa (biasanya tanah warisan yang tidak segera di bagi) atau lingkungan sekitar tanah yang tidak kondusif, misalnya kawasan pelacuran, kawasan pencoleng, keamanan lingkungan tidak terjamin, dan lainnya.

Setelah tanah kosong didapatkan, selanjutnya adalah menyiapkan pembangunannya. Mulai dari mendesain/merencanakan seperti apa rumah yang ingin dibangun nantinya. Memilih tukang (bangunan) sebagai pelaksana, memilih dan membeli bahan-bahan material, serta mengawasi pembangunan rumah itu sendiri.

Ada solusi lain dalam membangun rumah, yaitu kita meminta pihak developer rumah membangunkan rumah kita. Jadi kita hanya membayar sejumlah uang yang telah disepakati. Tapi, meskipun sudah diserahkan ke developer rumah, tetap saja kita harus ikut mengawasi pembangunan rumah kita, agar kita mengetahui perkembangan rumah yang dibangun, kesesuaian dengan desain, apakah ada perubahan desain di pertengahan pembangunan karena hal yang tidak diduga dan lain sebagainya.

Keuntungan membangun rumah sendiri diantaranya adalah rumah yang dibangun sesuai dengan perencanaan sendiri, sesuai dengan selera, keinginan, kebutuhan, dan kesenangan si pemilik. Bayangan tentang hunian yang nyaman dan sesuai keinginan membuat kepuasan tersendiri bagi si pemilik.

Cara lainnya untuk memiliki rumah adalah dengan cara membeli. Dengan cara ini, kita bisa langsung memiliki dan menghuni rumah tersebut tanpa harus menunggu selesainya pembangunan rumah tersebut.

Salah satu program pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di tahun 2016 adalah Program Perumahan Murah yang siap di bangun di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Program ini merupakan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah di tahun 2016. Dari satu juta rumah yang akan dibangun, sebanyak 600.000 rumah diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sedangkan 400.000 rumah lainnya untuk masyarakat yang berpenghasilan tinggi.

Berminat memiliki rumah lewat program sejuta rumah dari pemerintah ini? Silahkan menghubungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau perwakilannya di daerah Anda. #Ads