Program Perumahan Murahan Pemerintah Indonesia di Tahun 2016

Rumah merupakah salah satu kebutuhan pokok manusia. Di rumahlah kita berteduh dari sengatan matahari di siang hari dan beristirahat di malam hari. Banyak orang yang hanya bisa menyewa atau mengontrak rumah untuk ditinggali, hal ini karena semakin mahalnya harga sebuah rumah.
program-perumahan-murahan-pemerintah-indonesia-di-tahun-2016

Mempunyai rumah sendiri tentulah menjadi mimpi setiap orang. Apabila sudah milik sendiri, ukuran rumah yang kecil pun tidak menjadi masalah. Untuk memilih membuat rumah atau membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Harus direncakanan dengan matang-matang. Akan sangat banyak uang yang dikeluarkan ketika ingin mempunyai rumah sendiri.

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), pemerintah merencanakan membangun rumah murah bagi rakyat Indonesia sebanyak satu juta unit. Angka satu juta rumah itu dibagi menjadi dua macam nasabah. Sebanyak enam ratus unit rumah diperuntukkan untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), sementara sisanya sebesar empat ratus ribu unit diperuntukkan untuk masyarakat non-MBR.

Bagi pembaca yang saat ini sangat ingin memiliki rumah sendiri, tentulah kabar ini seperti angin yang sangat segar. Sejumlah perumahan murah akan dibangun di berbagai wilayah dan daerah di seluruh Indonesia. Setelah selesai dibangun akan dipasarkan bagi seluruh masyarakat yang ingin memiliki rumah.

Pengelolaan Program Perumahan Murah Pemerintah ini dilakukan langsung oleh Perumnas. Untuk diketahui, Perumnas ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berbentuk Perusahaan Umum dengan seluruh saham yang dimilikinya adalah milik Pemerintah Republik Indonesia. Perusahaan ini didirikan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat menengah ke bawah.

Tujuan program sejuta rumah murah ini memiliki tujuan untuk mengatasi kekurangan rumah yang mencapai belasan juta unit di seluruh Indonesia atau 13,5 juta kepala keluarga yang belum mempunyai rumah sendiri. Diharapkan dengan adanya program untuk satu juta unit rumah murah di Indonesia, bisa membantu satu juta kepala keluarga yang memiliki penghasilan rendah untuk memiliki rumah sendiri.

Program Satu Juta Rumah atau yang dikenal juga dengan nama Program Perumahan Murah Pemerintah terkadang disalah artikan oleh masyarakat sebagai program pemberian rumah gratis bagi mereka. Padahal program ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah sendiri. Banyak kemudahan yang diberikan pemerintah melalui program ini agar para kepala keluarga yang memiliki penghasilan rendah bisa memiliki rumah sendiri seperti halnya masyarakat lainnya yang memiliki penghasilan lebih bagus dari mereka. Rumah yang dibangun melalui program ini bisa dijual dengan harga murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Untuk mendapatkan informasi lebih detil mengenai Program Sejuta Rumah atau Program Perumahan Murah Pemerintah ini bisa mengunjungi secara langsung website resmi dari Perumnas.