Beberapa Metode untuk Mengobati Endometriosis

Sebagian orang tidak tahu apa itu endometriosis. Hal ini karena tidak semua orang mengalami atau memiliki keluhan yang disebabkan oleh penyakit endometriosis itu. Jadi, apakah endometriosis itu?

beberapa-metode-untuk-mengobati-endometriosis

Endometriosis muncul diakibatkan jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim, karena sebab tertentu malah tumbuh di luar rahim. Akibatnya, wanita yang menderita endometriosis ini akan mengalami nyeri (yang berbeda-beda pada tiap wanita) pada waktu menjalani haid. Bahkan pada beberapa wanita, rasa sakit akibat nyeri tersebut tetap menyerang.

Pengawasan dokter sangat diperlukan saat kita melakukan perawatan endometriosis ini agar pengobatan yang dilakukan tepat. Beberapa metode pengobatan endometriosis adalah sebagai berikut.

  • Gunakan obat pereda rasa nyeri
    Carilah obat pereda dan penghilang nyeri yang cocok bagi Anda. Beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri seperti Parasetamol, Asam Mefenamat, ataupun Ibuprofen bisa dijadikan pilihan. Perlu diingat, beberapa wanita mungkin memerlukan dosis yang lebih banyak dari pada wanita yang lainnya
  • Terapi hormon
    Beberapa dokter spesialis kandungan akan menyarankan terapi hormon. Metode terapi hormon ini bervariasi. Mulai dari metode pengendalian kelahiran sederhana sampai dengan pelepasan gonadotropin hormon agonis (GnRH agonis). Dokter spesialis kandung akan menentukan jenis terapi yang akan digunakan berdasarkan kondisi pasien.
  • Segera minta dokter untuk mengobati endometriosis sewaktu dokter melakukan diagnosa
    Sewaktu melakukan diagnosa dengan prosedur laparaskopi, sebenarnya dokter bisa sekaligus membakar sel-sel endometrium. Metode ini tidak dapat mencegah pertumbuhan kembali sel endometriosis, tetapi setidaknya dapat mengurangi gejalanya
  • Pertimbangkan untuk melakukan operasi
    Histerektomi (pengangkatan rahim, saluran tuba, dan ovarium) atau laparotomi (pembedahan perut) menunjukkan hasil yang bagus dalam membersihkan tubuh dari endometriosis. Untuk memulihkan badan sehabis operasi, biasanya memerlukan waktu beberapa bulan.

Demikian beberapa metode untuk mengobati endometriosis. Semoga bermanfaat.