Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman

Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wanita adalah kecantikan. Setiap wanita menginginkan dirinya tampil cantik, utamanya dihadapan pasangan atau orang yang dicintainya. Kecantikan secara umum diidentikkan dengan kulit wajah yang putih, mulus, dan bersih.

tips-memilih-produk-kecantikan-yang-aman

Wanita akan bangga apabila memiliki kulit wajah yang putih, mulus, dan bersih tersebut. Bahkan kaum wanita bersedia melakukan apapun untuk memiliki wajah yang cantik. Mulai dari memakai berbagai produk perawatan kulit wajah, penggunaan kosmetik, obat-obatan, sampai bahkan hal-hal yang tidak masuk akal.

Peningkatan minat kaum hawa terhadap penggunaan produk kecantikan ini dimanfaatkan oleh para produsen produk kecantikan untuk mengeluarkan produk-produk kecantikan mereka. Hal ini menyebabkan menjamurnya produk-produk kecantikan di pasaran, sekaligus membuat bingung konsumen untuk menentukan produk kecantikan mana yang cocok dan sesuai dengan kulitnya.

Apabila kita salah dalam mengaplikasikan produk kecantikan tersebut, bukannya wajah kita yang menjadi putih mulus, tapi sebaliknya yang akan terjadi, wajah kita akan semakin tidak berbentuk lagi karena efek negatif dari produk kecantikan yang dipakai tersebut. Untuk itu, kita harus memperhatikan beberapa tips yang bisa menjadi panduan dalam memilih produk perawatan agar tidak salah pilih, seperti:

  • Ada izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
    Apabila sudah memiliki izin dari BPOM, maka kandungan bahan baku pembuat produk tersebut bisa dijamin tidak mengandung bahan berbahaya
  • Masa kadaluarsa produk
    Apabila produk sudah kadaluarsa, dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada kulit apabila tetap digunakan
  • Bau dan warna
    Ada beberapa produsen produk kecantikan yang berani memalsukan izin BPOM untuk memasarkan produk kecantikan yang diproduksinya. Untuk itulah langkah mencium bau dan melihat warna produk ini dilakukan. Jangan memilih produk kecantikan dengan warna yang mencolok atau bau yang menyengat.
  • Tidak menjanjikan hasil yang cepat
    Produk kecantikan yang menjanjikan hasil yang cepat biasanya memiliki efek samping yang merugikan bagi pengguna. Hasil yang cepat biasanya karena ada kandungan bahan kimia keras di dalamnya yang bersifat mengiris kulit bagian atas bahkan sampai ke dalam.
  • Terpercaya
    Produk kecantikan yang sudah lama digunakan oleh masyarakat biasanya karena kualitas produk kecantikan tersebut memang sudah terbukti dan teruji. Maka tidak salahnya kita memilih produk kecantikan yang sudah terpercaya.

Apabila kita tidak ingin salah dalam memilih produk kecantikan apa yang bagus dan tidak menimbulkan efek samping terhadap kulit kita, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kecantikan, karena dokter spesialis kecantikan lebih mengetahui berdasarkan keilmuannya sehingga akan memberikan saran yang tepat mengenai jenis produk kecantikan yang sesuai dengan kulit wajah kita.

Tidak ada salahnya datang ke klinik kecantikan untuk konsultasi dan perawatan kulit (termasuk wajah), karena biasanya di klinik kecantikan, sudah ada dokter kecantikan dan dukungan peralatan medis yang mutakhir serta produk-produk kecantikan yang berkualitas dan aman.