Program Perumahan Murah oleh Pemerintah

Perumahan murah adalah salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal. Memang setiap tahunnya kebutuhan akan tempat tinggal semakin melonjak. Terutama di kota-kota besar yang selalu kedatangan penghuni baru setiap tahunnya. Maka dari itu, Program Sejuta Rumah dicanangkan oleh pemerintahan di berbagai daerah di Indonesia. Program ini pun telah disiapkan dengan baik dan dibagi menjadi dua kategori. Menurut Syarif Burhanuddin selaku Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahayn Rakyat, satu juta rumah dalam program ini dibagi menjadi dua tujuan yaitu 600.000 rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan 400.000 rumah lainnya untuk masyarakat non-MBR.

program-perumahan-murah-oleh-pemerintah

Salah Persepsi Mengenai Program Perumahan Murah

Meskipun begitu, program perumahan murah yang telah dicanangkan ini juga memiliki kendala. Salah satunya adalah kesalahan persepsi yang ada. Program perumahan murah ini didasari oleh keterbatasan. Pengadaan perumahan murah ternyata digagas untuk mengurangi backlog atau kekurangan jumlah rumah yang mencapai 13,5 juta unit di Indonesia. Sehingga memang masih ada 13,5 juta keluarga di Indonesia yang belum memiliki hunian pribadi. Jika ingin memenuhi kebutuhan mengenai hunian pribadi ini, maka dibutuhkan dukungan dari semua pihak agar backlog dapat segera teratasi. Sayangnya Program Sejuta Rumah ini dipandang sebagai ajang bagi-bagi rumah dari pemerintah. Itulah persepsi yang salah dan beredar selama ini. Sosialisasi program belum berjalan secara efektif. Sehingga masih banyak pula masyarakat yang datang ke Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kemenpupera untuk maksud keliru.

Masyarakat ini datang dengan maksud ingin membangun rumah dengan tanah yang telah disediakan pemda. Padahal, Program Sejuta Rumah sama seperti program KPR biasa yang membutuhkan sejumlah prosedur tertentu. Meski biaya DP, angsuran, dan prosesnya terbilang mudah, proses survei dan serangkaian persiapan lainnya tetap harus dipenuhi sebelum memiliki rumah murah. Meskipun terdapat salah persepsi, tetapi pemerintah tetap optimis dengan keberhasilan Program Sejuta Rumah ini. Penanganan perumahan murah yang semakin matang di tahun 2016 mencoba meraih berbagai pencapaian lebih baik lagi. Tidak hanya membutuhkan dukungan dari pengembang properti dan bank saja, tetapi juga dibutuhkan proses sosialisasi yang efektif dan tepat sasaran. Mekanisme mengenai Program Sejuta Rumah bisa anda ketahui melalui sumber-sumber yang terpercaya. Jangan ragu untuk mengambil kesempatan membeli hunian di perumahan murah.