Gunung Bromo dan Tempat-tempat Indah di Dalamnya

Nama Gunung Bromo tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Timur. Gunung berapi yang masih aktif ini terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Meskipun masih tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif, tetapi Gunung Bromo tidak pernah sepi pengunjung. Kata ‘Bromo’ sendiri berasal dari ‘Brahma’ yaitu salah satu dewa agama Hindu. Meskipun tidak sebesar gunung api lain di Indonesia, Gunung Bromo tetap menyimpan pemandangan yang menakjubkan. Tidak heran jika keindahan Gunung Bromo selalu mengundang wisatawan baik asing maupun lokal untuk kembali lagi.

Spot-spot Menarik di Gunung Bromo

Gunung Bromo dan Tempat-tempat Indah di Dalamnya

Sama seperti tempat wisata yang lainnya, maka Gunung Bromo pun juga memiliki banyak spot menarik yang sering dikunjungi. Misalnya saja Kawah Gunung Bromo. Dari tempat parkir Jeep, para pengunjung bisa menggunakan jasa sewa kuda atau berjalan kaki kurang lebih sekitar 1,5 km untuk sampai di anak tangga yang jumlahnya sekitar 250. Jalan yang dilewati berpasir dan melewati Pura Suci Suku Tengger. Pura tersebut biasanya difungsikan untuk melaksanakan perayaan Yadya Kasadar atau biasa juga disebut sebagai Upacara Kasodo. Selain itu tempat yang tidak kalah menariknya adalah Bukit Teletubies. Bukit ini adalah sebuah padang savanah dengan pemdangan alam yang sempurna dan sangat indah. Biasanya banyak orang yang berfoto-foto di bukit ini.

Berikutnya ada pasir berbisik Gunung Bromo. Tempat ini merupakan hamparan lautan padang pasir hitam yang sangat luas dan indah. Lokasinya di sekitar Kaldera Gunung Bromo, tepatnya pada bagian timur kawasan wisata Gunung Bromo. Tempat ini menjadi populer setelah dijadikan lokasi shooting film Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastro. Di tengah lautan pasir terdapat sebuah pura yang biasa dijadikan tempat sembahyang masyarakat suku Tengger. Tentunya juga jangan melupakan penanjakan Gunung Bromo. Tempat ini merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit yang sangat indah dan menawan. Agar bisa menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo, anda harus berada di tempat ini sekitar pukul 03.00 pagi.