Puncak Gunung Es Carstensz Pyramid di Papua

Pernahkah anda mendengar mengenai Carstensz Pyramid di Papua? Selama ini memang gunung yang satu ini lebih dikenal sebagai Gunung Jayawijaya, dengan puncaknya yang terkenal yaitu Puncak Jaya. Puncak gunung yang satu ini menjadi terkenal berkat keberadaan salju abadi tepat di puncak gunung. Puncak Jaya sendiri menjadi bagian dari Barisan Sudirman di Provinsi Papua, Indonesia. Ketinggian dari Puncak Jaya sendiri sekitar 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstenz yang merupakan satu-satunya gletser tropika di Indonesia yang kemungkinan besar akan segera lenyap akibat pemanasan global. Puncak Jaya juga menjadi puncak tertinggi di Indonesia kawasan Oceania, dan menjadi bagian tujuh puncak tertinggi di dunia.

Sejarah Penemuan dan Pendakian

puncak-gunung-es-carstensz-pyramid-di-papua.jpg

Puncak Jaya sebelumnya diberi nama Carstensz Pyramid di Papua, setelah seorang Belanda bernama Jan Carstenszoon pertama kali menamainya setelah melihat gletsr di puncak gunung pada hari yang cerah di tahun 1623. Padang salju yang ada di Puncak Jaya berhasil didaki pada awal tahun 1909 oleh seorang Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz dengan enam orang suku Kenyah yang direkrut dari Apau Kayan, Kalimantan Utara. Sebenarnya pada tahun 1936, eskpedisi Carstensz yang diprakarsai Belanda tidak dapat menetapkan mana dari ketiga puncak yang paling tertinggi. Akhirnya dibuatlah pendakian yang dilakukan oleh Anton Colijn, Jena Jacques Dozy, dan Frits Julius Wissel untuk mencapai gletser Carstenz Timur dan Puncak Ngga Pulu pada 5 Desember.

Setelah Puncak Jaya tidak pernah didaki hingga tahun 1962, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh pendaki gunun Austria, pergi ke daerah tersebut dan merintis rute akses ke pegunungan. DI tahun 1963, puncak ini berganti nama menjadi Puncak Soekarno dan diganti lagi menjadi Puncak Jaya. Nama Carstensz Pyramid masih digunakan, tetapi untuk kalangan para pendaki gunung saja. Sementara ini Puncak Jaya masih sedikit tertutup es, tetapi ada beberapa gletser di lereng, termasuk Gletser Carstensz, Gletser Northwall Firn Barat, dan Gletser Northwall Firn Timur yang baru-baru ini dikabarkan lenyap. Itulah beberapa informasi mengenai Carstensz Pyramid di Papua.