Berlibur ke Baluran Jawa Timur

Jika anda ingin merasakan pengalaman berada di alam liar, maka cobalah mengunjungi Baluran Jawa Timur. Taman Nasional Baluran letaknya ada di Situbondo. Tempat ini memiliki luas hampir 25 ribu hektar dan merupakan miniatur dari segala jenis hutam serta vegetasi di Indonesia. Di Baluran sendiri terdapat hutam musim, hutan hujan, mangrove, savannah (sabana), pantai, gunung, sungai, hingga terumbu karang. Dalam satu hari, taman nasional ini bisa dikunjungi oleh lebih dari 100 orang dan jumlahnya naik lima kali lipat di hari libur. Uniknya sebagian besar wisatawan justru orang asing. Tidak perlu khawatir soal biaya. Harga tiketnya sangat murah. Rp 2.500,- untuk wisatawan lokal, Rp 20.000,- untuk wisatawan asing, dan Rp 6.000 untuk kendaraan.

berlibur-ke-baluran-jawa-timur.jpg

Tips Berlibur di Taman Nasional Baluran

Jika memang anda memiliki niatan untuk berlibur ke Baluran Jawa Timur, maka anda perlu mempersiapkan penginapan, makanan, dan beberapa hal lainnya. Soal penginapan anda tidak perlu pusing-pusing lagi. Di dalam taman nasional, tepatnya di pinggiran Sabana Bekol dan Pantai Bama terdapat wisma untuk pengunjung. Jumlahnya memang tidak banyak, sekitar lima rumah di Bama dengan kapasitas 14 orang dan tiga rumah di Bekol dengan kapasitas 25 orang. Tarifnya pun berbeda, jika di Bama 1 orang dikenakan biaya Rp 75 ribu/malam, sementara di Bekol Rp 35 ribu. Kedua tempat penginapan tersebut menyajikan pemandangan yang berbeda. Kalau anda ingin menghabiskan waktu di pantai, sebaiknya menginap di Bama. Jika ingin menikmati suasana sabana dan alam liar, silahkan menginap di Bekol.

berlibur-ke-baluran-jawa-timur-savana.jpg

Membawa bekal makanan sendiri serta persediaan minum yang cukup sangatlah diperlukan. Terutama jika anda hendak berkeliling sendirian di Taman Nasional Baluran. Tidak lupa juga sediakan lotion anti nyamuk, karena pada malam hari nyamuk akan berkeliaran. Udara di Baluran cukup panas, terutama pada siang dan malam hari. Bawalah topi atau payung (juga untuk persiapan hujan di musim hujan) untuk melindungi kepala anda saat menjelajah Sabana Bekol dan tempat lainnya. Tips terakhir sebelum mengujungi Baluran Jawa Timur yaitu siap-siaplah untuk berpisah dengan dunia luar karena sinyal telepon selular tidak ada di Bama.