Tips Memasang Busi Tanpa ke Bengkel

Tips memasang busi sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Sebagai salah satu bagian penting dari mobil, tentunya busi harus dirawat pula dengan baik. Ketika sudah ada masanya mengganti busi, kebanyakan orang memilih untuk mengganti di bengkel. Tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba dengan mengganti busi sendiri di rumah. Sebenarnya ada langkah-langkah yang harus dilakukan secara sistematis dan tidak boleh dilupakan. Sehingga busi bisa terpasang dengan baik dan tidak ada kesalahan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk memasang busi. Tetapi jika sekiranya anda masih merasa bingung lebih baik langsung pergi ke bengkel saja.

tips-memasang-busi-tanpa-ke-bengkel.jpg
Tips Memasang Busi Sendiri

Sebelum memulai untuk mengganti busi, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan. Pertama, parkir mobil di tempat yang rata dan pastikan mesin dalam kondisi mati. Kemudian jika mobil yang mau dipasang businya baru digunakan, tunggulah kurang lebih 2 jam. Tujuannya untuk memastikan bahwa mesin benar-benar sudah berada dalam kondisi dingin. Untuk mencegah kerusakan yang lebih arah, maka sebaiknya lepaskan aki mobil anda. Setelah itu, maka anda pun siap untuk memasang busi. Tips memasang busi yang pertama, bersihkan bagian dari busi menggunakan blower. Membersihkan kerak dengan menggunakan hembusan udara sangatlah diharuskan sehingga ketika busi dicabut tak ada yang jatuh ke dalam silinder.

Langkah kedua yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencopot kawat busi dengan memutar tutup karetnya disertai dengan menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal tersebut justru dapat merusak. Lepaslah busi dari socket-nya dengan memutarnya. Peringatan, sebaiknya anda tidak menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius terhadap silinder atau head dapat terjadi bila terdapat benda asing yang menempel padanya. Lalu, disarankan agar busi baru yang akan dipasang telah tersedia lebih dahulu berdasarkan spesifikasi pabrikan kemudian. Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin.Terakhir, kencangkan busi-busi baru yang sudah anda pasang dengan menggunakan kunci busi yang seukuran. Apabila sudah kencang, pasanglah masing-masing kabel busi di atas busi-busi tersebut. Demikianlah tips memasang busi.

Hasil pencarian terbanyak:

  • memasang busi baru (1)