Alasan Mengapa Tekanan Angin Ban Wajib Diperiksa

Sobat pernah mengalami pecah ban? Atau pernah mengalami susahnya handling kendaraan karna ban kempes? Jika sobat memang sering bepergian menggunakan kendaraan pribadi pasti pernah mengalaminya. Sekali lagi jangan pernah anggap remeh hal tersebut, karena sudah banyak kejadian atau kasus kecelakaan hanya karna terjadi masalah pada tekanan angin di ban. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengapa tekanan angin ban wajib diperiksa.

alasan-mengapa-tekanan-angin-ban-wajib-diperiksa.jpg

Dalam melakukan perjalanan berkendara kadang kita memang sedikit cuek terhadap tekanan angin ban, apalagi jika hanya perjalanan jarak dekat. Tapi sesungguhnya pemeriksaan terhadap tekanan angin ban sangat mudah dilakukan bahkan dengan waktu yang singkat. Berikut ini beberapa faktor penting mengapa tekanan angin ban wajib diperiksa sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

  1. Ban tipis, pecah dan habis
    Jika dalam perjalanan sobat mengalami beban kendaraan yang berat, tarikan kurang responsive, belok juga susah maka segeralah periksa tekanan angin ban kendaraan sobat. Hal ini bisa terjadi karna ban bocor atau kurangnya angin, segeralah ke bengkel atau spbu terdekat. Kurangnya tekanan angin pada ban akan menyebabkan beratnya gesekan yang dialami oleh ban, dan jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka yang terjadi adalah ban menipis bahkan bisa saja kalau tiba-tiba pecah ban di jalan.
  2. Tergelincir saat berbelok
    Ada sebagian yang beranggapan bahwa tekanan angin yang berlebih akan membuat tarikan enteng, tapi justru anggapan inilah yang salah karna akan sangat berbahaya saat di jalan yang berbelok. Reaksi ban dalam kondisi keras atau angin yang berlebih akan menyebabkan ban susah menggigit jalan, akan sangat berbahaya jika sobat sedang berada di jalan berkelok.

Sangat disarankan bagi sobat pengendara untuk selalu melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan angin ban kendaraan sobat mengingat betapa bahayanya resiko yang akan dihadapi jika faktor ini saja diremehkan. Sobat bisa melakukan pengecekkan rutin saat kondisi ban sedang dingin, sebagai contoh waktu terbaik adalah saat pagi sebelum sobat melakukan aktivitas berkendara. Semoga informasi mengapa tekanan angin ban wajib diperiksa barusan bisa sedikit membantu sobat semua.