Memilih kosmetika yang Aman bagi Bayi

Memiliki bayi yang sehat, merupakan dambaan setiap orang tua. Kesehatan bayi salah satunya ditentukan oleh pemakaian kosmetika perawatan bayi, karena bayi masih memiliki kulit yang sensitif, berbeda dengan orang dewasa.

Karena bayi memiliki kulit yang sensitif, orang tua harus memilih kosmetika perawatan bayi yang tepat untuk menghindari masalah kulit bayi. Pemilihan kosmetik bayi biasanya di dasari oleh faktor selera, tetapi juga harus diimbangi dengan wawasan orang tua dalam mencari produk-produk yang dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk kulit bayi.

memilih-kosmetika-yang-aman-bagi-bayi.jpg

Sudah menjadi rahasia umum, masyarakat kita memilih kosmetik bayi juga mempertimbangkan harga produk. Anggapan bahwa harga murah memiliki kualitas rendah sepertinya juga kurang tepat. Bagi bayi, yang penting adalah keamanan dari bahan pembuat produk tersebut, percuma harga mahal apabila memberikan iritasi pada kulit bayi kita.

Ujicoba produk terhadap kulit bayi juga penting dilakukan, untuk mengetahui apakah kulit bayi kita memiliki reaksi berlebih terhadap produk, semisal timbul warna kemerahan dan gatal pada bayi, maka segera hentikan dan beralihlah ke produk lain yang lebih aman.

Perkembangan produk kosmetik bayi semakin luas, tidak hanya sekedar bedak dan minyak telon saja. Body lotion, baby cream, baby oil menjadi kosmetik tambahan yang diminati dalam memberikan perawatan bayi. Secara umum, kosmetik tersebut akan aman digunakan jika kita teliti dan tepat memilih sesuai dengan kulit bayi.

Setiap kulit bayi memiliki sensitifitas yang berbeda, sehingga kita bisa menentukan sendiri kecocokan produk bayi pada kulitnya. Pemilihan bedak bayi yang aman sangat penting, karena bayi akan sering diberikan bedak setiap hari.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengenali produk kosmetika bayi diantara adalah.

  1. Bedak
    Setiap bayi memang tidak bisa terlepas dari penggunaan bedak, biasanya digunakan untuk mencegah gesekan pada lipatan di kulit bayi. Penting diperhatikan, penggunaan yang berlebih dan bercampur dengan keringat akan mengakibatkan iritasi. Jangan sekali-kali menggunakan bedak di area sekitar selangkangan bayi.
  2. Sabun
    Bahan yang terkandung pada sabun harus mengandung deterjen yang aman untuk kulit bayi. Hal ini karena kulit bayi yang sangat sensitif. Kita dapat memilih sabun cair maupun sabun berbentuk padat. Meskipun sabun cair lebih praktis, tetapi sebagian bayi tidak cocok dengan bahan yang terkandung pada sabun dan bisa menyebabkan alergi. Hentikan pemakaian apabila timbul masalah kulit.
  3. Sampo
    Bahan untuk sampo bayi harus dirancang agar tidak pedih di mata sehingga bayi kita bisa terhindar dari iritasi mata. Sama seperti sampo untuk dewasa, manfaat sampo untuk bayi juga berfungsi untuk membersikan kotoran di rambut, namun perlu di ingat, aktivitas bayi yang masih terbatas, tidak diharuskan rambut bayi dikeramas setiap hari. Gunakan sampo dengan bahan alami sesuai dengan kebutuhan rambut bayi.