Pengaruh Motivasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar orang mengucapkan kata motivasi. Apa sebenarnya maksud motivasi itu? Menurut pengertian yang berkembang di masyarakat, motivasi seringkali disamakan dengan semangat. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Teori_kebutuhan_maslow.png

Banyak seminar-seminar motivasi yang diselenggarakan bahkan ada stasiun televisi yang secara rutin menayangkan acara-acara motivasi baik yang terang-terangan menamai acaranya dengan hal-hal yang berbau motivasi, maupun dengan nama-nama acara yang lainnya. Acara-acara seperti ini biasanya akan sukses meningkatkan rating acara secara simultan, tetapi seperti acara-acara yang lainnya, akan ada masa acara motivasi yang dibawakan seorang motivator -sebutan untuk orang yang memberi motivasi- mengalami surut alias ratingnya menurun sehingga berakibat acaranya dihentikan oleh pihak stasiun televisi.

Dalam acara-acara seminar motivasi maupun acara motivasi di televisi, kebanyakan berisi cerita motivasi kehidupan cinta. Mengapa cerita motivasi kehidupan cinta ini begitu banyak mengisi acara-acara motivasi baik seminar maupun layar kaca? Karena dengan mendengarkan cerita-cerita yang penuh motivasi, para peserta seminar ataupun pemirsa televisi menjadi bersemangat (mungkin inilah kenapa motivasi sering diartikan sebagai semangat) dan bergairah menghadapi badai cobaan hidup.

Menurut laman wikipedia Indonesia, ada empat area utama motivasi manusia, yaitu makanan, cinta, seks, dan pencapaian. Tujuan-tujuan yang mendasari motivasi ditentukan sendiri oleh individu yang melakukannya, individu dianggap tergerak untuk mencapai tujuan karena motivasi intrinsik (keinginan beraktivitas atau meraih pencapaian tertentu semata-mata demi kesenangan atau kepuasan dari melakukan aktivitas tersebut), atau karena motivasi ekstrinsik, yakni keinginan untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan eksternal. Di samping itu terdapat pula faktor yang lain yang mendukung di antaranya ialah faktor internal datang dari dalam diri orang itu sendiri.

Sebagian besar orang harus dimotivasi dari luar (motivasi ekstrinsik), contohnya seorang anak yang termotivasi untuk menjadi ranking 1, karena dijanjikan orang tuanya untuk berlibur ke tempat wisata apabila yang anak menjadi juara 1.

Sebagian orang yang lainnya bisa memotivasi diri mereka sendiri. Orang-orang ini biasanya ditandai dengan kesenangannya berpikir positif dan tidak memberikan ruang bagi pikiran negatif.
Salah satu ciri khas orang-orang yang bisa memotivasi dirinya sendiri adalah mereka berpikir “kalau orang lain bisa, kenapa aku tidak bisa”, alih alih berpikir “dia memang pintar/ahli, makanya wajar saja bisa, sedangkan aku tidak pernnah bisa”. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang bisa dimotivasi oleh diri sendiri.

Hasil pencarian terbanyak:

  • Pengaruh motivasi eksternal dalam kehidupan sehari-hari (1)